Rabu, 05 Agustus 2009

Adab beribadahmenuju taman Indah

الحمدلله رب العالمين والصلاة والسلام على سيدالمرسلين وعلى آله وصحبه أجمعين أمابعد:
Segala Puji Bagi Allah yang telah memberi pertolongan untuk menulis Buku ini dan semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua, teman-teman kami dan seluruh umat Islam mulai sekarang sampai hari kiamat, dan semoga bisa sebagai perantara aku mendapat ampunan bagiku,guru-guruku, orang tua-orang tuaku, teman-temanku,kekasih-kekasihku dan semoga kita semua bisa berkumpul dengan para guru-guruku dan gurununya guru-guruku di Makhsyar nanti dengan mendapat pengayoman dari Allah swt yang maha penyayang, pemberi kasih sayang maha dermawan ya Arhamarrohimin....amin. washollallohu Ala sayyidina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wasallam.
ADAB MAKAN
A. Adab-Adab dalam makan dan minum
Adab sebelum makan adalah niat agar kuat untuk taat kepada Allah.
Sedangkan adab ketika makan Al-faqih Rokhimahulloh bersabda : Disunnahkan bagi manusia
1. Membasuh kedua tangan sebelum makan dan sesudahnya sebab mengandung barokah.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم الوضوء قبل الطعام وبعدالطعام بركة يعنى غسل اليدين

Rosululloh saw bersabda : mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan adalah barokah.
2. Jangan memakan makanan yang panas.
روى عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال أبردواالطعام فإن الحار غير ذى بركة ولاتشم الطعام فإن ذلك عمل البهائم

Diriwayatkan dari rosululloh Saw : sesungguhnya beliau bersabda : dinginkanlah makananmu, maka sesungguhnya makanan yang panas itu tidak mengandung berkah dan janganlah mencium makanan maka sesungguhnya itu perbuatan hewan.
روى عن النبى صلى الله عليه وسلم أنه قال : لاتشم الطعام كماتشم السباع ولاتنفخ فى الطعام ولاالشراب فإن ذلك من سوءالأدب.

Diriwayatkan dari Nabi Saw sesungguhnya beliau bersabda : janganlah mencium makanan sebagaimana menciumnya hewan buas, dan jangan meniup makanan atau minuman, maka sesungguhnya itu termasuk akhlaq yang jelek
روى عكرمة عن ابن عباس رضى الله عنهماعن النبى صلى الله عليه وسلم أنه نهى أن ينفخ فى الإناء وأن يتنفس فيه

Dari Ibnu Abbas ra. Bersabda : Rosululloah SAW mencegah untuk bernafas dalam wadah minuman dan meniupnya.
3. Jika memulai makan maka membaca basmalah.
بسم الله ثقة بالله وتوكلا عليه

Artinya : Dengan menyebut Nama Allah saya benar-benar percaya kepada Allah dan saya pasrah kepada Allah.
4. Jadikanlah makananmu dari makanan yang halal
Sebab dikatakan barang siapa makanannya dari makanan yang haram maka jika ia membaca basmalah, syetan berkata jangan begitu sesungguhnya saya bersamamu saat mencari makanannya maka aku menemanimu dalam memakannya sekarang saya tidak mau memisahimu.
5. Jika makananmu dari makanan halal dan membaca basmalah maka syetan lari darimu, dan jika tidak membaca basmalah maka syetan menemanimu dalam makan, jika membaca basmalah maka nyaringkanlah suaramu sehingga mengajarkan orang-orang yang bersamamu.
6. Jangan makan dengan tangan kiri sebab syetan makan dan minum dengan tangan kiri.
عن أبى هربرة رضى الله عنه قال أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : إذاأكل أحدكم فليأكل بيمينه, وإذاشرب فليشرب بيمينه, فإن الشيطان يأكل بشماله وليشرب بشماله. أخرجه مسلم

Dari Abi huroyroh ra. Berkata : rosululloh Saw bersabda : jika salh satu dari kamu sekalian makan maka makanlah dengan tangan kanan jika mium maka minumlah dengan tangan kanan, maka sesungguhnya syetan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya. (HR. Muslim)
7. Jangan bangun atau meninggalkan makanan sebelum habis maka akan diberi barokah
روت عائشة رضى الله عنها عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال : إذاأكل أحدكم طعاما فليقل بسم الله فى اوله فإن نسى فليقل بسم الله فى آخره.

Siti 'Aisyah ra. Meriwayatkan dari rosululloh Saw sesungguhnya beliau bersabda: Jika salah seorang dari kamu sekalian memakan makanan maka bacalah Basmalah pada Awalnya jika lupa maka membaca basmalah pada Akhirnya.
Barang siapa makan dan setiap suapan membaca basmalah maka pada hari qiyamat tidak akan dihisab dalam memakannya. Shohabat Abdulloh bin mas'ud bersabda : jika seseorang masuk kerumahnya terus makan dan tidak menyebut nama Allah maka syetan ikut makan bersamanya, jika menyebut nama Allah maka syetan tercegah dari semua makan orang itu, dan memuntahkannya dari apa yang telah ia makan.
Diantara Kesunnahan-kesunnahan Makan
1. Makan dengan tangan kanan
2. Jangan makan dari tengah
روى سعيدبن جبير رضى الله عنه عن ابن عباس رضى الله عنهما عن النبى صلى الله عليه وسلم أنه قال: تنزل البركة فى وسط الطعام فكلوا من حافتيه ولاتأكلوا من وسطه
Sa'id bin jabir ra. meriwayatkan dari shohabat Ibnu Abbas Ra. Dari Nabi Saw sesungguhnya beliau bersabda : barokah turun pada tengahnya makanan maka makanlah dari pinggir-pinggirnya dan janganlah makan dari tengahnya.
3. Melamuti jari-jarinya sebelum mengusapnya dengan sapu tangan.
Meninggalkan melamuti itu pekerjaan orang Ajam yang kejam, juga disunnahkan melamuti wadah makannya, dikatakan sesungguhnya wadah makan memintakan ampunan untuk yang melamutinya.
روى عن النبى صلى الله عليه وسلم أنه قال : إن الله وملآئكته يصلون على الذين يلعقون أصابعهم

Diriwayatkan dari Nabi Saw sesungguhnya beliau bersabda : sesungguhnya Allah dan malaikatnya memintakan ampunan atas orang yang melamuti jari-jarinya setelah makan.
روى عطاء عن ابن عباس رضى الله عنهما أن النبى صلى الله عليه وسلم قال : إذاأكل أحدكم طعامافلايمسحن يده بالمنديل حتى يلعق أصابعه.
Atho meriwayatkan dari shohabat ibnu Abbas ra. Sesungguhnya Nabi Saw bersabda : jika salah seorang dari kamu sekalian memakan makanan maka janganlah mengusap tangannya dengan sapu tangan sehingga melamuti jari-jarinya.
4. Memakan makanan yang jatuh dari meja makan
روى جابر عن النبى صلى الله عليه وسلم أنه قال: إذاسقطت لقمة أحدكم فليأخذها وليمط عنهاالأذى وليأكلها ولايتركها للشيطان

Shohabat jabir ra. Meriwayatkan dari Nabi Saw : jika jatuh suapan makanan salah satu dari kamu sekalian maka ambillah dan buanglah kotor-kotornya terus makanlah dan jangan meninggalkannya untuk syetan .
وعن النبى صلى الله عليه وسلم من أكل من سقط المائدة عاش فى سعة وعوفى فى ولده وولدولده من الحمق.

Dari Nabi Saw bersabda : barang siapa memakan makanan yang jatuh dari meja makan maka ia hidup dalam keluasan rizqi, dan Anaknya, anak dari anaknya selamat dari kumperung (bodo yang sangat)
وعن النبى صلى الله عليه وسلم من سقط شيئامن الطعام فأكله حرم الله جلده على النار.

Dari Nabi Saw : Barang siapa jatuh sesuatu dari makanannya kemudian ia memakannya maka Allah mengharamkan kulitnya atas neraka.
5. Jangan mengumpulkan buah-buahan dengan kulitnya dalam satu wadah
6. Memuji Allah setelah selesai makan
الحمدلله الذى أطعمنا وسقانا وجعلنا مسلمين

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami, dan memberi minum kami dan telah menjadikan kami termasuk dari golongan orang islam.
Sebaiknya jangan mengangkat suaranya dalam membaca hamdalah kecuali jika teman-temannya sudah selesai makan. Sebab khawatir menghentikan makan mereka.
7. Sunnah memulai makan dengan makan garam dan mengakhirinya dengan garam
Sebab itu termasuk kesunnahan, dikatakan makan garam sebelum dan sesudah makan maka mengandung 70 obat.
8. Jika makan bareng-bareng dalam satu wadah maka sunnah yang ada didepan
عن النبى صلى الله عليه وسلم أنه قال إجتمعوا على طعامكم يبارك الله لكم فيه

Dari Nabi Saw sesungguhnya beliau bersabda : berkumpullah kamu sekalian atas makanan kamu sekalian maka Allah akan memberkahi kamu sekalian dalam makanan itu.
وروى عن النبى صلى الله عليه وسلم أنه قال شر الناس من أكل وحده وضرب عبده ومنع رفده

Diriwayatkan dari dari Nabi Saw sesungguhnya beliau bersabda : sejelek-jelek manusia orang yang makan sendiriandan memukulhambanya dan mencegahmeja makanny.
9. Makruh makan hingga penuh perutnya
Dikatakan dalam sedikit makan terdapat kemanfaatan yang banyak antara lain : Sehat jisimnya, bagus hafalannya, bersih pemahamannya, sedikit tidurnya, kering jasadnya.
عن خذيفة رضى الله عنه عن النبى صلى الله عليه وسلم من قل طعامه صح بطنه وصفاقلبه ومن كثر طعامه سقم بطنه وقساقلبه.

Dari khudzaifah ra. Dari Nabi Saw Bersabda : Barang siapa sedikit makannya maka sembuh lambungnya, dan bersih hatinya, dan barang siapa banyak makannya maka sakit lambungnya dan keras hatinya.
عن النبى صلى الله عليه وسلم لاتميتوا القلوب بكثرة الطعام والشراب فإن القلب كالزرع إذاكثر عليه الماءمات

Dari Nabi Saw : Janganlah mematikan hati dengan banyak makan dan minum maka sesungguhnya hati itu seperti tanaman jika kebanyakan air maka akan mati.
Dalam banyak makan terdapat bahaya antara lain : salah cerna, timbul beberapa penyakit yang berbeda-beda.
Dikatakan jika penyakit timbul dari sedikit makan maka untuk mengobatinya dengan biaya yang sedikit, sedangkan jika timbul dari makan banyak maka memerlukan biaya yang banyak untuk menyembuhkannya.
Sebagian Ahli hikmah berkata : tiga golongan manusia dibenci oleh sebagian yang lainnya tanpa ia menyakitinya : 1. orang pelit 2. orang sombong 3. orang yang banyak makan.

ADAB MASUK KAMAR MANDI
Jika menuju kamar kecil maka dahulukan kaki kiri jika hendak masuk dan kaki kanan jika keluar, jangan membawa sesuatu yang diagungkan syariat seperti tulisan Allah dan rosulnya, jangan masuk dalam keadaan kepala terbuka dan tidak beralas kaki untuk menjaga dari najis.ketika masuk maka membaca.
اللهم إنى أعوذبك من الخبث والخبائث
Artinya : Ya Allah Sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari gangguan syetan laki-laki dan syetan perempuan.
ketika keluar maka membaca.
غفرانك الحمدلله الذى أذهب عنى الأذى وعافانى

Dengan Ampunan-Mu Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dariku dan telah menyembuhkanku.
Adab Qodilhajat ( Membuang Air Besar Atau Kecil )
1. Sebaiknya menyediakan cibuk sebelum mendatangi hajat (buang air)
2. Jangan cebok dengan air pada tempat qodoilhajat jika tidak pada tempat yang disediakan
3. Menuntaskan air kencing dengan dehem-dehem, meliriti tiga kali, dan dengan Menjalankan tangan kiri pada bawah qodib (batang dzakar)
4. Jika mendatangi hajat di lapangan maka jauhkan dari mata manusia dan tutupilah dengan sesuatu jika ada
5. Jangan membuka aurat sebelum selesai
6. Jangan menghadap qiblat atau membelakanginya
7. Jangan menghadap matahari
8. Jangan menghadap bulan
9. Jangan mendatangi hajat pada tempat berbincang-bincang manusia
10. Jangan mendatangi hajat pada air yang diam adapun jika air mengalir maka tidak makruh jika siang hari tetapi jika pada malam hari maka makruh baik air mengalir ataupun diam banyak ataupun sedikit sebab air pada malam hari itu tempatnya jin
11. Jangan dibawah pohon yang berbuah walaupun tidak sedang berbuah.
12. Jangan mendatangi hajat pada leng ( lobang yang melingkar dalam bumi) dikatakan sesungguhnya itu rumah jin, Shohabat Sa'ad bin 'Ubadah ra. Wafat sa'at kencing pada leng, dan haram hukumnya jika menyangka dalam leng ada hewan yang tidak sunnah dibunuhnya sebab menyakitinya dengan najis atau membunuhnya sebagaimana dikatakan oleh Imam Wana-i.
13. Jangan ditanah yang keras supaya tidak terkena percikan najis yang keluar
14. Jangan pada tempat bertiupnya angin sebab menjaga dari percikan
15. Jangan kencing berdiri kecuali dlorurot, dalam cebok sunnah mengumpulkan antara dengan batu dan dengan air, jika ingin meringkas maka dengan air lebih utama, dalam cebok ( menghilangkan najis ) maka sunnah hitungan ganjil jika sudah suci dengan dua atau empat basuhan maka sunnah ditambah satu, Sunnah cebok dengan tangan kiri, sunnah mendahulukan membersihkan qubul atas dubur jika cebok dengan air dan sebaliknya jika dengan batu, kemudian percikkan pada farji dan sarungnya setelah cebok, dan setelah selesai Istinja (cebok) maka membaca :
اللهم طهر قلبى من النفاق وحصن فرجى من الفواحش

Artinya : Ya Allah sucikanlah hatiku dari Munafiq dan jagalah Farjiku dari Zina
Setelah selesai maka gosoklah tangan dengan tanah atau tembok, mungkin zaman sekarang sudah ada sabun.
Larangan-larangan untuk orang yang mendatangi hajat
Barang siapa banyak ngomong saat mendatangi hajat maka dikhawatirkan bahaya dari jin, Siapa melanggengkan pandangannya pada najis yang keluar (baik air kencing atau tai) maka menderita kuning giginya, siapa membuang ingus maka khawatir terkena tuli, siapa yang makan maka faqir, siapa yang meludah pada najis yang keluar maka terkena cobaan was-was.WAllahu a'lam.
Ibnu 'Ajil Al-yamani dalam kitab Al-'ajalah yang menerangkan penyakit-penyakit dan adab-adab yang baik untuk orang yang mendatangi hajat yaitu
1. Harus mengetahui sesungguhnya khola adalah nama syetan yang di serahi untuk menghuni khola jika anda ingin masuk maka sebaiknya mengetahui sesungguhnya anda akan menuju syetan maka hati-hatilah tipu dayanya dan jangan banyak mendatanginya dengan menyedikitkan makan dan minum, dan berjalan dengan tawadldlu' dan berfikir atas ni'mat-ni'mat Allah ketika ia memberi makan, minum dan mengeluarkannya.
2. Jangan meludah pada najis yang keluar darimu maka akan terkena penyakit waswas dan kuning giginya dan kamu akan terkena penyakit darah atau anaknya atau salah satu turunannya.
3. Jangan mengeluarkan ingus maka akan mengakibatkan tuli.
4. Jangan memutar-mutarkan Ali-ali maka sesungguhnya syetan bersarang pada ali-ali tersebut.
5. Bersungguh menjadikan antara kamu dan langit ada penutup, barang siapa melakukan itu maka Allah menghujani rokhmat dari atas langit.
6. jangan membersihkan farjinya dengan bumi maka bumi akan memusuhinya pada hari qiyamat.
7. jangan membunuh kutu
8. Jangan cebok (menjatuhkan airnya) keatas najis yang keluar, barang siapa melakukan itu maka giginya berulat dan mudah terkena masuk angin.
9. Jangan memejamkan mata maka akan mengakibatkan munafiq di hati.
10. Jangan meletakkan kedua tangan diatas kedua pilingannya dan menjadikan kepala diantara keduanya maka sesungguhnya akan mengakibatkan kerasnya hati dan baros (penyakit putih pada badan seperti panu ) dan menghilangkan rokhmat dan rasa malu.
11. Jangan bersandar pada tembok atau lainya maka akan menghilangkan air wajah dan perut kembung, tapi duduklah dengan kedua telapak kakinya dengan bertumpu diatasnya.
12. Jangan meletakkan tangan kiri diatas tangan kanan maka itu adalah tempat duduk syetan.
13. Jangan meletakkan kepala diatas lututnya maka siapa yang melakukan itu maka akan mati dengan penyakit perut.
14. Ambillah farjinya diantara kedua jari telunjuk dan jari tengah sampai selesai, adapun perempuan maka letakkan ujung jari-jari tangan kiri diatas bulu kempungnya (jembut) maka itu lebih memotong pada air kencingnya dan lebih membersihkan.
15. Laki-laki merenggangkan diantara kedua kaki dan pupunya agar rata punggungnya dan air kencing keluar dengan sempurna, Adapun perempuan maka rapatkan ujung lututnya maka air kencing akan keluar dengan sempurna dan tidak akan mengenainya.
ADAB WUDLU
Ketika anda akan berwudlu maka awwali dengan siwak, kemudian duduklah menghadap qiblat, terus basuhlah kedua tangan x3, kemudian berkumurlah x3, terus mengisap air kedalam hidung, terus membasuh wajah dengan membaca niat
نويت الوضوء لرفع الحدث الأصغر فرضالله تعالى

Saya niat berwudlu untuk menghilangkan hadats kecil karena melaksanakan fardlu karena Allah ta'ala
Mulai atas dahi sampai bawah janggut (dagu) dan dari telinga kiri sampai telinga kanan, kemudian membasuh tangan kanan terus tangan kiri sampai lengan dengan menggosok-gosokkannya, kemudian meratakan mengusap kepala yaitu membasahi kedua tangan dan menempelkan ujung telunjuk tangan kanan dan kiri dan meletakkannya didepan kepala terus keduanya dijalankan sampai jitok (ujung leher atas), terus dikembalikan kedepan, lakukan seperti itu tiga kali, kemudian mengusap kedua telinganya dalam dan luar dengan air yang baru dan masukkan kedua telunjukmu kedalam daun telinga dan mengusapluar kedua telinga dengan dalamnya ibu jari, kemudian membasuh kaki kanan dan kiri sampai mata kaki dan menyela-nyelai jari kaki kanan dengan jari manis kaki kiri mulai jari manis kaki kanan sampai ibu jari.setelah selesai membaca :
أشهدأن لآإله إلاالله وأشهدأن محمدا عبده ورسوله اللهم اجعلنى من التوابين واجعلنى من المتطهرين سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لآإله إلاأنت أستغفرك وأتوب إليك

Siapa membaca doa ini dalam wudlunya maka keluar kesalahan-kesalahannya dari segala, Orang yang membaca doa ini tidak akan murtad dan akan mati dengan membawa iman dan ditulis baginya pahala sampai hari qiyamat. Siapa berwudlu dan membaguskan wudlunya terus membaca doa maka dibuka baginya pintu surga masuk dari pintu mana saja (HR.Muslim, turmudzi, hakim). Dalam berwudlu menjauhi tujuh perkara : sebab hukumnya makruh :
1. Jangan memercikkan air yang menempel pada anggota wudlu
2. Jangan menampar wajah dan kepala dengan air
3. Jangan bicara di tengah-tengah berwudlu
4. Jangan membasuh lebih dari tiga kali atau kurang dari tiga kali.
5. Jangan banyak menggunakan air tanpa hajat dengan menghilangkan was-was, bagi orang yang was-was ada syetan yang menertawakan yaitu bernama : Walhan
6. Jangan berwudlu dengan air musyammas
7. Jangan berwudlu dengan wadah kuningan, tapi wadah tembikar, kulit dan kayu.
Diriwayatkan dalam hadits : Barang siapa membaca basmalah ketika wudlunya maka Allah mensucikan semua jasadnya dan siapa yang tidak membacanya maka tidak suci kecuali anggota yang terkena air.
Hikmah berwudlu
Al-Faqih berkata : sebaiknya bagi orang yang berwudlu, Wudlunya dibarengi rasa Ta'dzim dan tahu sesungguhnya ia ingin mengunjungi Tuhannya maka sebaiknya bertobat dari semua dosa-dosanya, sebab Allah menjadikan basuhan dengan air sebagai alamat untuk membasuhnya dari dosa-dosa sebaiknya memulai dengan dzikir (menyebut Nama Allah) jika berkumur dengan mengisap air kehidung ia membasuh mulutnya dari ghibah, bohong sebagaimana ia membasuh mulutnya dengan air, jika membasuh wajahnya ia membasuh dari pandangan kepada yang diharamkan dan begitu kepada semua anggotanya.
Disunnahkan berwudlu
Hendak Membaca Quran, Mendengarkan Hadits, Menderes ilmu, masuk masjid, hendak dzikir, hendak sai, hendak wuquf di 'Arofah, ziarah kepada Nabi dan semua quburan, hendak khotbah selain jum'at, hendak tidur, hendak adzan, iqomah, mandi junub, ibadah seperti menulis fiqih, orang yang punya junub yang ingi makan, minum atau Tidur, hendak mengulangi jimak, setelah cantuk, muntah, membawa mayyit sebelum dan sesudahnya, memegang mayit baik rambut atau kuku, laki-laki atau wanita memegang Bagapurus, memegang qubulnya, memegang amrod yang bagus, makan daging unta, Ghibah (membicarakan orang lain yang ia tidak menyukainya ), ucapan kotor, Namimah (Adu domba), Qodaf (menuduh zina kepaada seseorang, menjadi saksi bohong, tertawa dalam sholat, keluarnya sesuatu dari jalan najis, menyukur rambut, marah, baligh dengan sebab umur, memegang farji hewan, Murtad, memegang jalan keluar najis, membawa kitab tafsir, Tajdidulwudlu setelah melakukan sholat.
Keutama'an Melanggengken Berwudlu
Melanggengkan wudlu termasuk Akhlaqnya orang mukmin, sebaiknya bagi orang mukmin semua siangnya dan tidur pada malam hari dalam keadaan mempunyai wudlu, barang siapa melakukan itu maka dicintai Allah dicintai malaikat khafadzoh, dan dalam kesentosaan Allah Swt. Melanggengkan wudlu meluaskan rizqi.
قال النبى صلى الله عليه وسلم دم على الوضوء يوسع عليك الرزق

Nabi Saw bersabda : langgengkanlah wudlu maka akan diluaskan rizqimu

Hikayat-Hikayat tentang wudlu
1. Pada suatu hari syekh mu'inuddin bersama syekh Ajal sirri kemudian tibalah waktu sholat, maka syekh ajal sirri membarukan wudlu dan lupa mneyela-nyelai jari-jari maka datanglah suara tanpa rupa : hai Ajal kamu mengaku cinta Rosululloh Saw dan kamu termasuk ummatnya sedangkan kamu meninggalkan sunnahnya, kemudian syekh Ajal sirri bersumpah saya tidak akan meninggalkan sunnah dari sunnah-sunnahnya.
2. Diceritakan dari fudel bin 'Iyadl sesungguhnya ia lupa didalam wudlunya : dalam membasuh tangan dua kali terus ia sholat dan tidur dalam tidurnya ia melihat nabi Muhammad Saw dan beliau berkata : hai fudel saya heran kepadamu : sesungguhnya kamu meninggalkan sunnahku didalam wudlu kemudian fudel langsung terbangun karena kewibawaannya dan ia langsung wudlu dan menetapi sholat 500 rokaat sampai satu tahun untuk kifarat meninggalkan satu basuhan dalam wudlu.semoga Allah memberi kemanfa'atan kepada kami dengan barokah dan karomahnya imam fudel dan seluruh wali dan berilah kami rizqi agar bisa mngikutinya.
3. Imam Ghozali menceritakan sesungguhnya seseorang dimimpikan dalam tidur : kemudian ia ditanya bagaimana keadaanmu? Ia berkata pada suatu hari aku sholat tanpa wudlu, maka saya diserahi srigala yang menguasaiku dalam kuburku maka keadaanku keadaan yang jelek bersama srigala.
4. Diceritakan Imam junaidi sakit mata kemudian dokter berkata janganlah matanya terkena air, maka setelah dokter pergi ia berwudlu, Sholat dan tidur maka smbuhlah kedua matanya dan ia mendengar suara tanpa rupa yang mengatakan : Junaidi meninggalkan matanya dalam mencari keridloanku jika ia menuntut dariku dua jahannam dengan azam ini maka niscaya saya akan mengabulkannya, maka di saat dokter datang dan melihat matanya sembuh ia berkata : apa yang kamu perbuat? Imam Junaidi berkata : saya berwudlu dan sholat, sedangkan dokter beragama Nashroni maka ia beriman seketika dan ia berkata : ini Adalah pengobatan Allah sang pencipta bukan pengobatan Makhluq.
ADAB MANDI
A. Tata cara mandi wajib
Adab mandi besar adalah basuhlah kedua tangan x 3 dan hilangkan najis-najis atau kotoran yang ada di badan, kemudian berwudlu, dan akhirkan dengan membasuh kedua telapak kaki supaya tidak menyia-nyiakan air, ketika selesai berwudhlu maka siramkan air diatas kepala tiga kali dengan niat menghilangkan hadats besar (junub) sambil mengucapkan :
نويت الغسل لرفع الحدث الأكبر فرضالله تعالى
Saya Niat mandi untuk menghilangkan hadats besar karena fardlu karena Allah swt
Kemudian basulah sisi kanan 3x, sisi kiri tiga kali dan gosoklah bagian dalam badanmu, juga bagian belakangnya,sela-selailah rambut kepala dan jenggotmu dan sampaikan air ke lipatan-lipatan badan dan tempat tumbuhnya rambut baik yang tipis maupun yang tebal, jangan memegang Dzakar setelah berwudhlu jika memegang ulangilah wudhulunya.
Kesimpulanya: yang diwajibkan dalam mandi adalah: Niat, menghilangkan najis, dan meratakan membasuh badan.
B. Mandi-Mandi yang disunnahkan
1. Mandi Jum'at
2. Mandi Idulfitri
3. Mandi Idul Adlha
4. Mandi Istisqo
5. Mandi Gerhana bulan
6. Mandi Gerhana matahari
7. Mandi karena telah memandikan mayit
8. Mandi karena masuk islam
9. Orang Gila dan Ayan ketika sembuh,
10. Mandi ketika masuk makkah.
11. Mandi hendak ihrom
12. Mandi karena wuquf di arofah
13. Mandi karena menginap di mina
14. Mandi karena melempar jumroh
15. Mandi Thowaf qudum
16. Mandi Thowaf Ifadloh
17. Mandi Thowaf Wada'
Diantaranya lagi mandi karena masuk kota Madinah, karena cantuk, setelah memotong kumis, mencukur 'anah (jembut), disunnahkan pada setiap malam bulan romadlon, ketika mau berkumpul dengan manusia dalam perkumpulan yang baik, keluar airnya sebuah jurang, ketika berubahnya badan, karena hendak masuk masjid.
C. Niat-Niat mandi sunnah
Niat Mandi setelah memandikan Mayyit
نويت الغسل لغسل الميت سنة لله تعالى
Niat mandi jum'ah
نويت غسل الجمعة سنة لله تعالى
Niat Mandi raya Fitrah
نويت الغسل لعيدالفطر سنة لله تعالى
Niat Mandi Raya Adlkha
نويت الغسل لعيدالأضحى سنة لله تعالى
Niat Mandi gerhana bulan
نويت الغسل لخسوف القمر سنة لله تعالى
Niat Mandi gerhana Matahari
نويت الغسل لكشوف الشمس سنة لله تعالى
Niat Mandi Istisqo ( Minta hujan )
نويت الغسل للإستسقاء سنة لله تعالى
Niat Mandi Masuk Islam
نويت الغسل لدخول الإسلام سنة لله تعالى
Niat Mandi Sembuh dari Gila
نويت الغسل لإفاقة الجنون سنة لله تعالى
Niat Mandi sembuh dari pingsan
نويت الغسل لإفاقة الإغماء سنة لله تعالى
Niat Mandi Hendak Ikhrom
نويت الغسل للإحرام سنة لله تعالى
Niat Mandi karena masuk kota Makkah
نويت الغسل لدخول مكة سنة لله تعالى
Niat Mandi Hendak Thowaf
نويت غسل الطواف سنة لله تعالى
Niat Mandi Hendak sa'i
نويت غسل السعي سنة لله تعالى
Niat Mandi karena masuk kota Madinah
نويت الغسل لدخول المدينة سنة لله تعالى
Niat Mandi Hendak melempar jumroh
نويت الغسل لرمي الجمار سنة لله تعالى
Niat Mandi Ketika Menginap di Muzdalifah
نويت الغسل للمبيت بمزدلفة سنة لله تعالى
Niat Mandi hendak Wuquf di 'Arofah
نويت الغسل للوقوف بعرفة سنة لله تعالى


D. Hikayat-hikayat tentang mandi
Abas Bin abdulloh Al-Bajali menceritakan: Tetangga kami mati kemudian kami menyaksikan dimandikanya, dan membawanya kekuburan.Tiba-tiba didalam kuburan ada hewan seperti kucing kemudian kami mengusirnya dan ia tidak mau pergi lantas tukang gali kubur memukul dahinya dengan lingggis dan ia tetap saja. Kemudian kami memindahkan lagi kekuburan lain ketika di gali hewan itu ada lagi kemudian kami memukulnya lagi dan ia tetap tidak menoleh sedikitpun lanatas qoum berkata tentang masalah ini belum pernah kami lihat sebelumnya hal seperti ini, maka kuburlah setelah ia dikubur dan selesai memasang batanya kami mendengar suara benturan tulang-tulangnya, kemudian paman kami dan lainya pergi menuju isterinya dan mnanyakan bagaimana keadaan suamimu sebelum mati? Sambil menceritakan apa-apa yang telah mereka lihat, kemudian isterinya mengatakan suamiku tidak mandi junub.
Imam ghozali menceritakan : Sesungguhnya diimpikan seseorang dalam tidurnya dan ia ditanya : Apa yang telah Allah perbuat kepadamu dalam quburmu? Ia menjawab pada suatu hari saya meninggalkan menyempurnakan mandi besar maka Allah memakaikanku baju dari api.
ADAB TAYAMMUM
Jika tidak mampu Menggunakan Air karena tidak ada setelah mencarinya atau udzur sebab sakit atau ada hal yang mencegah untuk menuju ke air sebaba ada hewan buas atau ditawan atau ada air tapi butuh untuk minum sebab dahaganya teman atau air tersebut milik orang lain dan tidak boleh dibeli kecuali dengan harga yang lebih banyak dari harga sepadan atau pada badannya ada luka atau sakit yang dikhawatirkan atas jiwanya.
Dalam melakukan tayammum sabarlah menunggu sampai masuknya waktu fardlu kemudian ambil debu yang suci yang murni kemudian peganglah dengan kedua telapak tangan dengan mengumpulkan jari-jarinya dan niat agar diperbolehkannya solat fardlu, dengan membaca :
نويت التيمم لإستباحة الصلاة فرضالله تعالى
Saya Niat tayammum untuk agar diperbolehkannya sholat karena fardlu karena Allah ta'ala
نويت التيمم بدلا عن الوضوء فرضالله تعالى
Saya Niat tayammum karena sebagai pengganti dari Wudlu karena fardlu karena Allah ta'ala
نويت التيمم بدلا عن الغسل فرضالله تعالى
Saya Niat tayammum karena sebagai pengganti dari mandi karena fardlu karena Allah ta'ala
Berbarengan dengan mengusap semua wajahnya dengan kedua telapak tangannya satu kali dan jangan memaksakan sampainya debu ketempat tumbuhnya rambut baik yang tipis atau yang tebal.
Kemudian lepaskanlah Ali-ali dan ambillah debu dengan kedua telapak tangan yang direnggangkan jari-jarinya dengan diringankan debunya dan usaplah kedua tangan serta kedua sikunya, jika dengan usapan itu tidak merata maka ambillah debu lagi dan usapkanlah sampai usapan merata, kemudian usaplah salah satu kedua telapak tangannya dengan telapak yang lain dan usaplah diantara jari-jarinya dengan disela-selai.
Dan disunnahkan mengusap kedua tangan dengan cara yang masyhur yaitu : meletakkan dalamnya jari-jari kiri selain ibu jari dibawah ujung jari-jari kanan sekiranya tidak keluar ujung jari-jari kanan dari telunjuk kiri, dan telunjuk kanan tidak keluar dari ujung jari kiri dan lakukanlah diatas punggung telapak tangan kanan jika sampai pergelangan maka kumpulkan ujung jari-jari sampai kepinggir diro' dan jalankan sampai siku kemudian putarlah dalamnya telapak tangan kedalamnya diro' terus jalankanlah dengan mengangkat ibu jarinya jika sampai pergelangan tangan maka jalankan ibu jari kiri di atas ibu jari tangan kanan kemudian lakukan dengan tangan kiri sebagaimana usapan pada tangan kanan.
Satu Tayammum boleh untuk satu sholat fardlu dan beberapa sholat sunnah, jika ingin melakukan fardlu lagi maka mulailah tayammum lagi.

ADAB MASUK MASJID
Jika ingin masuk masjid maka lepaskan sandal kiri dan kaki kiri menginjakkan diatas sendal kiri, kemudian lepaskan sandal kanan dan dahulukan kaki kanan untuk masuk kedalam masjid dan semua tempat yang dimuliakan atau tempat yang tidak diketahui keadaannya sambil membaca :
اللهم صل على سيدنامحمد وعلى آل سيدنامحمد وصحبه وسلم أللهم اغفرلى ذنوبى وافتح لى أبواب رحمتك
لا أربح الله تجارتكketika melihat orang yang jual beli maka mengatakan لاردالله عليك ضالتك ketika melihat orang yang kehilangan sesuatu maka :
Rosululloh memerintahkan jika kamu masuk masjid maka jangan duduk sebelum sholat sunnah dua rokaat (takhiyyatulmasjid) jika tidak dalam keadaan suci (tidak mempunyai wudlu) atau tidak ingin melakukannya maka bacalah al-baqiyatussholihat tiga kali, waqila empat kali, waqila tiga kali bagi orang yang hadats dan satu kali bagi orang yang berwudlu.
سبحان الله والحمدلله ولآإله إلاالله ولاحول ولاقوة إلابالله العلى العظيم
Jika di rumah belum sholat sunnah qobliyah maka boleh niat sunnah qobliyah bersamaan dengan niat sholat tahiyyatulmasjid, atau jika fardlu akan dilaksanakan maka boleh niat dibarengkan dengan sholat tahiyatul masjid, jika setelah salam solat qobliyah maka I'tikaf dengan qur'an atau do'a atau lainya jika selesai berdoa atau membaca quran maka sibukkan dengan berfikir atau membaca tasbih, jika ditengah doa atau tasbih atau membaca quran terdengar suara adzan maka potonglah dan menjawab Adzan, menjawab adzan sama dengan lafadz adzan kecuali pada lafadz حى على الصلاة , حى على الفلاح
maka jawabnya لاحول ولاقوة إلابالله العلى العظيم
jika pada adzan subuh setelah حى على الفلاح maka membaca الصلاة خيرمن النوم jawabnya : صدقت وبررت وأناعلى ذلك من الشاهدين
LAFADZ ADZAN
الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر jawabnya الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر
أشهد أن لآإله إلاالله 2 jawabnya أشهد أن لآإله إلاالله 2
أشهد أن محمدارسول الله 2 jawabnya أشهد أن محمدارسول الله 2
حى على الصلاة 2 jawabnya لاحول ولاقوة إلابالله العلى العظيم
حى على الفلاح 2 jawabnya لاحول ولاقوة إلابالله العلى العظيم
Khusus untuk adzan subuh ditambahi Tatswib
الصلاة خير من النوم jawabnya صدقت وبررت وأناعلى ذلك من الشاهدين
الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر jawabnya الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر
لآإله إلاالله jawabnya لآإله إلاالله
Jika selesai menjawab Adzan maka membaca do'a Adzan
اللهم رب هذه الدعوة التآمة والصلاة القائمة آت سيدنامحمداالوسيلة والفضيلة وابعثه مقاما محموداالذى وعدته إنك لاتخلف الميعاد
Barang siapa ketika mendengar suara adzan berdo'a seperti diatas maka halal baginya syafaatku pada hari qiyamat.(HR. Jabir) Jika sedang sholat kemudian terdengar suara adzan maka sempurnakanlah sholat dan setelah salam menjawabnya.
Jika mendengar Iqomah maka menfawab sama dengan lafadznya kecuali lafadz :
قدقامت الصلاة 2 jawabnya. أقامها الله وادامها مادامت ا لسموات والأرض inilah lafadz Iqomah
الله أكبر ألله أكبر jawabnya الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر
أشهد أن لآإله إلاالله jawabnya أشهد أن لآإله إلاالله
أشهد أن محمدارسول الله jawabnya أشهد أن محمدارسول الله
حى على الصلاة jawabnya لاحول ولاقوة إلابالله العلى العظيم
حى على الفلاح jawabnya لاحول ولاقوة إلابالله العلى العظيم
قدقامت الصلاة 2 jawabnya أقامها الله وادامها مادامت ا لسموات والأرض 2
الله أكبر الله أكبر jawabnya الله أكبر الله أكبر
لآإله إلاالله jawabnya لآإله إلاالله
Adzan dan Iqomah disunnahkan ketika akan melaksanakan sholat fardlu walaupun qodlo, maka selain fardlu tidakdisunnahkan, seperti sholat sunnah, solat janazah, dan sholat yang dinadzari. Dan cukup Adzan untuk sholat yang pertama saja walaupun sholatnya berkali-kali dan terus menerus, seperti mengqodlo sholat-sholat yang tertinggal.
Dan untuk memanggil orang dalam pada jamaah sholat sunnah yang disyari'atkan seperti sholat raya, Tarowih, witir dan kusuf (gerhana matahari) maka membaca : الصلاة جامعة dan cukup mengucapkan
الصلاة الصلاة وهلموا إلى الصلاة dan mengucapkan itu disunnahkan ketika akan melaksanakan sholat.
Syarat Adzan dan Iqomah disyaratkan :
Dalam Adzan dan Iqomah disyaratkan tertib, terus menerus, nyaring jika untuk jamaah, Masuknya waktu selain untuk adzan subuh, sunnah tatswib (الصلاة خير من النوم ) meletakkan kedua telunjuknya pada kedua lobang telinga pada adzan sebab lebih mengumpulkan suara, sunnah berdiri, menghadap qiblat, menolehkan wajah kekanan pada حى على الصلاة dan samping kekiri pada حى على الفلاح dan pendengarnya sunnah menjawab.
Disunnahkan Adzan
Adzan disunahkan pada selain sholat seperti adzan pada telinganya orang susah, orang pingsan, marah, orang jelek akhlaknya. Baik manusia maupun hewan,saat kebakaran, saat terganggu gondoruwo,atau gangguan jin.,Adzan dn iqomah pada telinganya bayi yang lahir., orang yang hendak berpergian.
Orang yang adzan butuh kepada 10 perkara: sehingga memperoleh keutamaan orang-orang yang adzan.
1.mengetahui orang-orang sholat dan menjaganya.
2.
3.jika tidak ada maka jangan membenci atas orang-orang yang adzan.
5.membaguskan adzan
6.Amar Ma'ruf Nahi mungkar.berkata benar pada orang kaya dan miskin.
7.menunggu imam sekiranya tidak memberatkan qoum.
8.tidak membenci orang yang mengambil tempatnya di mesjid.
9.jangan memanjangkan sholat antara adzan dan iqomah.
10.memelihara masjidnya, membersihkanya dari kotoran dan menjauhkan anak-anak dari masjid. .
ADAB TIDUR
Jika ingin tidur maka menetapi adab yang delapan
1. Gelarlah lemek tidurmu dengan menghadap qiblat
2. Tidur dengan sisi kananmu sebagaimana menidurkan mayit. di jurang landak .Tidur ada empat macam : yaitu tidur melumah yaitu tidurnya para Nabi, tidur dengan sisi kanan tidurnya para ulama dan wali,tidur sisi kiri tidurnya para Raja , tidur dengan tengkureb tidurnya syetan.
Tidur dengan sisi kanan disunahkan hikmahnya tenggelam dalam tidurnya sebab hati tergantung pada sisi kiri, jika tidur sisi kiri seolah-olah ia tenggelam dalam tidurnya,jika tidur sebaiknya tidur dengan sisi kanan sebentar agar makanan masuk kedasar lambung kemudian kesisi kiri dengan masa yang panjang.tidur tengkurab jelek sekali dan mengakibatkan penyakit-penyakit yang jelek seperti saktah ( badan terdiam seperti mati) kabus (mimpi yang menakutkan) sulit nafas, mengakibatkan penyakit batu pada ginjal dan kantung kemih.
3. Tidurlah seperti mati dan bangun seperti dibangkitkan dari Qubur, dan mungkin saja Allah mencabut rohmu dalam tidurmu maka siap-siaplah untuk bertemu dengan Allah dengan tidur dalam keadaan suci (mempunyai wudlu).
قال النبى صلى الله عليه وسلم من بات طاهرا بات فى شعاره ملك لايستيقظ ساعة من الليل إلا قال الملك اللهم اغفر لعبدك فلان فإنه بات طاهرا
Dari Nabi Saw bersabda : barang siapa tidur dalam keadaan suci maka ia tidur pada lemeknya terdapat malaikat yang ia tidak bangun pada mala hari kecuali malaikat berkata "Ya Allah Ampunilah hambamu si fulan maka sesungguhnya ia tidur dalam keadaan suci".
عن النبى صلى الله عليه وسلم انه قال لأنس بن مالك إن أتاك الموت وأنت على الوضوء لم تفتك الشهادة
Dari Nabi Saw sesungguhnya beliau bersabda kepada shohabat Anas bin Malik : jika kematian datang kepadamu sedangkan kamu sedang punya wudlu maka syahadat tidak akan hilang darimu.
Dan dikatakan sesungguhnya Arwah-arwah orang mukmin itu naik ke langit jika ia tidur, maka roh yang suci diperbolehkan bersujud dan yang tidak suci tidak diperbolehkan.
4. Wasiatnya ditulis di bawah bantalnya
5. Tidur dalam keadaan tobat dari dosa dengan membaca Istighfar
عن النبى صلى الله عليه وسلم من قال حين ياوى إلى فراشه : أستغفرالله العظيم الذى لآإله إلاهوالحى القيوم وأتوب إليه ثلاث مرات غفرالله تعالى له ذنوبه
Dari Nabi Saw : Barang siapa ketika akan tidur berkata :
أستغفرالله العظيم الذى لآإله إلاهوالحى القيوم وأتوب إليه tiga kali maka Allah Swt mengampuni dosa-dosanya.
6. Jangan menarik tidur dengan memaksakannya baik dengan lemek yang halus atau lainya maka sesungguhnya tidur adalah mengosongkan kehidupan, kecuali jika meleknya (terjaga) berakibat buruk maka tidurmu keselamatan untuk agamamu.
7. Siap-Siap ketika tidur bersiwak dan bersuci juga niat akan bangun malam hari atau sebelum subuh.
8. ketika akan tidur berdo'a :
باسمك اللهم أحياوبك أموت
(Dengan Nama-Mu Ya Allah saya hidup dan dengan nama-Mu aku Mati)
Jika bangun dari tidur membaca :
الحمدلله الذى أحيانا بعدماأماتناوإليه النشور
Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami Mati dan kepadanya aku kembali (dibangkitkan)

ADAB SHOLAT
Jika selesai bersuci dari hadats dan najis pada badan dan pakaian dan sudah menutupi aurot yaitu anggota mulai pusar sampai lutut bagi laki-laki dan perempuan amat dan seluruh tubuh bagi wanita merdeka, maka mulailah menghadap qiblat dengan berdiri tegak dan meratakan kedua kakinya serta merenggangkannya kira-kira satu jengkal sambil menundukkan kepalanya sebab itu lebih mendekatkan kepada khusu' dan lebih menenangkan mata.
Kemudian bacalah surat an-Nas untuk menjaga dari syetan dan hadirkan hatimu pada ap-apa yang dilakukan dalam sholat, terus kosongkan hatimu dari waswas, pikirkanlah dihadapan siapa kamu berdiri, siapa yang kamu ajak munajat (bicara), dan malulah kamu jika munajat dengan tuanmu dengan hati yang lalai, dan hati yang penuh dengan was-was dunia(memikirkan masalah dunia), dan jeleknya Syahwat (keinginan-keinginan jelek). Ketahuilah sesungguhnya Allah melihat apa-apa yang ad dihatimu dan Allah melihat hatimu, maka sesunguhnya Allah menerima sholatmu dengan kadar kekhusu'anmu, tenangnya anggotamu, merasa hinanya kamu, dan ikhlasnya kamu dalam berdo'a.
Dalam khobar disebutkan : Tidaklah seseorang mendapat pahala dari sholatnya kecuali apa-apa yang ia ingat kepada Allah dalam sholatnya.
Diriwayatkan dalam hadits : sesungguhnya Orang yang khusu' dalam sholatnya maka wajib baginya surga dan keluar dosa-dosanya seperti ia dilahirkan ibunya.
Dan sembahlah Allah dalam sholatmu seolah-olah Engkau melihatNya, jika engkau tidak bisa begitu maka sembahlah sesungguhnya Allah melihatmu. orang yang sholat dengan lalai dan kosong maka sangat butuh terhadap istighfar dan kifarat seperti Shodaqoh dan lainnya.
Ketika Sholat mau dilaksanakan maka niatlah dan baca dalam hatimu : saya mendatangi fardlu Sholat dzuhur atau lainnya karena Allah bersamaan dengan mengucapkan :
أصلى فرض الظهر أربع ركعات مستقبل القبلة أداء لله تعالى الله أكبر
أصلى فرض العصر أربع ركعات مستقبل القبلة أداء لله تعالى الله أكبر
أصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مستقبل القبلة أداء لله تعالى الله أكبر
أصلى فرض العشاء أربع ركعات مستقبل القبلة أداء لله تعالى الله أكبر
أصلى فرض الصبح ركعتين مستقبل القبلة أداء لله تعالى الله أكبر
Dan hadirkan dalam hatimu makna lafadz-lafadz sholat, seperti saat takbir dan lain-lain, jangan lepas darimu niat tersebut sebelum selesai bertakbir, dan angkatlah tanganmu dengan terbuka dan jari-jari dilepas sekira kedua ibu jarimu pada kedua daun telingamu dan ujung jari-jarimu pada atas kedua telingamu dan kedua telapak tanganmu pada kedua bahumu jika sudah begitu maka mengucapkan takbir ألله أكبر kemudian dilepaskan dan diletakkan diatas dada, menurut Imam Ibnu Hajar dibawah dada yang agak miring ke kiri, dan mulyakan tangan kanan dengan meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri, serta beberkan jari-jari tangan kanan diatas sepamjang diro' kirimu, dan genggamlah pergelangan tangan kiri dengan jari-jari tangan kanan yaitu : Ibu jari, jari manis, dan jari kelingking.
Setelah takbir selesai diamlah sebentar kira-kira bacaan Subhanallah, terus membaca,
الله أكبركبيرا والحمدلله كثيرا وسبحان الله بكرة وأصيلا إنى وجهت وجهى للذى فطرالسموات والأرض حنيفاميلماوماأنامن المشركين, إن صلاتى ونسكى ومحياي ومماتى لله رب العالمين لاشريك له وبذلك امرت وأنامن المسلمين
Kemudian diamlah sebentar dan membaca :
أعوذ بالله من الشيطان الرحيم بسم الله الرحمن الرحيم ألحمدلله رب العالمين الرحمن الرحيم ملك يوم الدين إياك نعبدوإياك نستعين إهدناالصراط المستقيم صراط الذين انعمت عليهم غيرالمغضوب عليهم ولاالضالين
Jangan menyambungkan akhir fatihah dan amin, sunnah membaca amin dengan nyaring pada sholat subuh, magrib dan Isya pada dua rokaat Awwal.
Setelah selesai membaca fatihah diam sebentar dan membaca surat, jangan menyambung akhir surat dengan takbir ruku akan tetapi pisahlah dengan kira-kira ucapan سبحان الله dan jadikanlah dalam semua berdirinya dengan menundukkan kepala untuk memperpendek pandanganmu kepada tempat sujudmu saja, maka itu lebih mengumpulkan kepada himmahmu (cita-cita) dan lebih mendekatkan kepada hadirnya hatimu, janganlah menoleh kekiri atau kekanan dalam sholatmu.
Kemudian membaca takbir untuk melaksanakan ruku' dan panjangkan takbir sampai ketempat ruku, kemudian letakkan kedua telapak tanganmu diatas kedua lututmu dengan menyebarkan jari-jarimu, serta tegakkanlah kedua lututmu dan panjangkan punggungmu, lehermu dan kepalamu dengan rata sebagaimana satu papan dan merenggangkan kedua sikumu dari kedua lambungmu, sedangkan untuk perempuan jangan begitu tapi mengumpulkan sebagian yang satu kesebagian yang lain maka bertemulah kedua sikumu dengan kedua lambungmu dan bacalah!
سبحان ربي العظيم وبحمده 3
Jika kamu sholat sendirian maka boleh membaca sampai 27 kali.
Kemudian angkat kepalamu bersamaan dengan mengangkat kedua tanganmu samil mengucapkan
ربنالك الحمد ملءالسموات وملء الأرض وملءماشئت من شيء بعد
Jika kamu sholat fardlu subuh maka pada I'tidal rokaat keduamu membaca qunut.
اللهم اهدنى فيمن هديت وعافنى فيمن عافيت وتولنى فيمن توليت وبارك لى فيما أعطيت وقنى برحمتك شرماقضيت
فإنك تقضي ولا يقضى عليك وإنه لايذل من واليت ولا يعز من عاديت تباركت ربناوتعاليت فلك الحمدعلى ماقضيت أستغفرك وأتوب إليك
اللهم اكشف وادفع واصرف عنا من البلآء والوبآء والطاعون والأمراض والفتن مالا يكشفه ولا يدفعه ولا يصرفه غيرك وصلى الله على سيدنا محمد النبي الأمي وعلى آله وصحبه وسلم
Qunut bisa hasil dengan kalimat yang mengandung doa dan tsana (memuji) seperti اللهم اغفرلى ياغفور atau setiap ayat yang mengandung doa jika ma'mum tidak mendengar bacaan qunut imam maka ma'mum sunnah membaca qunut denngan pelan, atau suara qunut imam terdengar tapi tidak jelas.
Kemudian sujud dengan membaca takbir tanpa mengangkat kedua tangan dan letakkan keatas bumi yang pertama kali adalah kedua lututmu kemudian kedua tanganmu kemudian jidatmu dengan terbuka dan letakkan hidungmu beserta jidatmu dengan merenggangkan kedua sikumu dari kedua lambungmu dan angkatlah kedua perutmu dari kedua pahamu dan untu perempuan letakkan kedua tangan diatas bumi lurus dengan kedua bahumu dan jangan menggelar kedua diro'mu (anggota mulai pergelangan tangan sampai siku) diatas bumi terus membaca :
سبحان الله الأعلى وبحمده 3
Kemudian angkatlah kepalamu dari sujudmu dengan membaca takbir yang dipanjangkan hingga duduk tegak, terus duduk diatas kaki kirimu dan tegakkan kakimu yang kanan dan letakkan kedua tanganmu diatas kedua pahamu dengan jari-jari merenggang dan memebaca :
رب اغفرلى وارحمنى واجبرنى وارفعنى وارزقنى واهدنى وعافنى واعف عنى
Jangan memanjangkan duduk ini kecuali pada sholat tasbih.
Kemudian sujud dengan sujud yang kedua seperti sujud yang pertama.
Kemudian bangun dengan duduk tegak untuk duduk istirahat pada setiap rokaat yang tidak diiringi tasyahhud.
Kemudian bangun berdiri dengan meletakkan kedua tangan diatas tanah salah satu kakimu jangan maju saat bangun dan mulai membaca takbir bangun dari duduk istirahat dan memenjangkan takbir sampai berdirimu.
Kemudian sholatlah untuk rokaat yang kedua sama dengan rokaat yang pertama, setelah selesai rokaat kedua.
Kemudian duduklah untuk tasyahhud awwal,
التحيات المباركات الصلوات الطيبات لله السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاته السلام عليناوعلى عباد الله الصالحين أشهد أن لآ إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله اللهم صل على سيدنا محمد
Saat tasyahhud letakkanlah tangan kanan diatas paha kanan dengan menggenggamkan jari-jari kecuali telunjuk dan ibu jari maka keduanya dilepaskan dan panjangkan telunjuk kananmu ketika kamu mengucapkan lafadz إلا الله dan letakkan tangan kiri dengan membeberkan jari-jari diatas paha kiri dan duduk diatas kakimu yang kiri pada tasyahud awwal ini sebagaimana sujud diantara dua sujud.sedang duduk pada tasyahud akhir dengan duduk tawarruk yaitu duduk diatas pantatmu yang kiri dan letakkan kakimu yang kiri keluar dari bawahmu dan tegakkan tumitmu yang kanan.
Kemudian setelah selesai rokaat terakhir maka membaca tasyahhud akhir.
التحيات المباركات الصلوات الطيبات لله السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاته السلام عليناوعلى عباد الله الصالحين أشهد أن لآ إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنامحمد كماصليت على سيدناإبراهيم وعلى آل سيدناإبراهيم وبارك على سيدنامحمد وعلى آل سيدنامحمد كماباركت على سيدنا إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم فى العالمين إنك حميدمـجـيد * اللهم إني أعوذ بك من عذاب النار ومن عذاب القبر ومن فتنة الـمحياوالممات ومن فتنة المسيح الدجال ومن المغرم والمأثم اللهم اغفر لي ما قدمت وما أخرت وما أسررت وما أعلنت وما أسرفت وما أنت أعلم به مني أنت المقدم وأنت المؤخرلآ إله إلا أنت يامقلب القلوب ثبت قلبي على دينك ربنا ظلمنآ أنفسنا وإن لم تغفر لنا وترحمنا لنكونن من الـخاسرين ( الأعراف : 23 ) ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة ج إنك أنت الوهاب ( آل عمران : 8 ) ربنآ إنك جامع الناس ليوم لا ريب فيه ط إن الله لا يـخلف الميعاد ( آل عمران : 9 ) اللهم ياجامع الناس إجمع بينناوبين حاجاتنا ماأنت أعلم به منا وترضى تعلم مافي أنفسنا ولا نعلم مافي نفسك إنك أنت علام الغيوب ربنآ أتنافى الدنياحسنة وفى الآخرة حسنة وقناعذاب النار ( البقرة : 201 ) وأدخلناالجنة مع الأبرار ياعزيز ياغفار يارب العالمين
Kemudian setelah selesai membaca tasyahhud maka bacalah salam
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Dengan menoleh kekanan dan kekiri sehingga melihat putih-putih kedua pipimu dan saat membaca salam niat memberi salam kepada orang yang berada dikedua sisimu baik malaikat atau manusia. Tangnya sholat adalah khusu' dan menghadirkannya hati bersama bacaan dan dzikir dengan difham.


ADAB DAN SYARAT BAGI MA'MUM DAN IMAM
Adab Bagi Ma'mum Dan Imam
1. Sebaiknya bagi imam meringankan sholatnya
2. Jangan takbir sebelum seleai iqomah dan sebelum rata (sempurna barisnya)
3. Imam mengangkat suaranya saat bertakbir, sedang ma'mum jangan mengangkat suaranya, hanya sekira bisa terdengar oleh dirinya sendiri, Imam niat menjadi imam agar mendapat keutamaan jamaah, jika Imam tidak niat jadi imam maka sholat qoum sah jika ma'mum niat sholat dngan imam dan qoum mendapat keutamaan berjamaah.
4. Imam sunnah membaca pelan pada do'a Iftitah dan ta'awwudz seperti sholat sendirian dan membaca fatihah dan surat dengan nyaring, pada dua rokaat sholat subuh dan dua rokaat awalnya magrib dan 'isya membaca amin dengan nyaring pada sholat jahriyyah (sunnah membaca nyaring) ma'mum dan imam sunnah membaca amin dengan bersamaan jangan bergantian.
5. Imam diam sebentar setelah fatihah untuk mengembalikan nafasnya dan ma'mum membaca fatihah pada sholat yang sunnah membaca nyaring, dalam diam sebentar itu memungkinkan ma'mum mendengarkan bacaan surat imam, dan ma'mum tidak boleh membaca surat pada sholat jahriyah kecuali jika ma'mum tidak mendengarkan mendengar bacaan suratnya imam.
6. Imam tidak boleh lebih dari tiga tasbih pada ruku' dan sujud.
7. Imam pada tasyahhud awwal tidak boleh melebihi lafadz اللهم صل على سيدنا محمد
8. Imam memperpendek bacaan atas fatihah saja pada dua rokaat yang akhr, adapun ma'mum jika selesai fatihahnya mendahului imam maka sunnah membaca surat supaya jangan diam, doanya Imam pada tasyahhud akhir jangan melebihi atas qadar tasyahud, dan sholawat, keika salam imam niat salam kepada qoum dan niat niat menjawab salamnya Imam, Imam sunnah diam ditempatnya sesaat setelah selesai salam dan menghadap dengan wajahnya dan jangan menoleh jika dibelakangnya perempuan, agar ia bubar dahulu (sunnah bagi perempuan bubar setelah salamnya imam) seseorang dari ma'mum tidak boleh berdiri sebelum imam berdiri dan imam bubar dari arah kiri dan kanan lebih utama
9. Imam jangan mengkususkan doa untuk dirinya pada qunut subuh tapi dengan menguapkan اللهم اهدنا فيمن هديت dan imam membaca nyaring sedang ma'mum membaca amin, dan ma'mum membaca lafadz فإنك تقضى ولايقضى عليك... ma'mum jangan berdiri sendirian tapi masuk kedalam barisan atau menarik ma'mum yang lain kepada dirinya setelah ia takbirotulihrom, karena keluar dari perselisihan tentang batalnya sholat orang yang sendirian dalam barisan yang dikatakan oleh imam Ahmad, ibnulmundzir, ibnu khuzaymah, dan al-hamidi. Sebaiknya ma'mum jangan mendahului imam atau membarenginya dalam perbuatanya, tapi sebaiknya ma'mum mengakhirkan dari imam, ma'mum jangan turun ke ruku kecuali jika imam sampai kepada batas ruku', ma'mum jangan turun kesujud selagi jidat imam belum sampai ketanah
Syarat-Syarat ma'mum ada 9
1. Harus mengikuti Imam, jangan mendahului imam dengan dua rukun fi'li (sebangsa pekerjaan) walaupun bukan rukun yangn panjang dengan sengaja dan tahu haramnya dan jangan mengakhirkan dari imam dengan dua rukun tanpa udzur.
2. Niat ma'mum kepada Imam
3. Cocok dengan pekerjaan imam
4. Yaqin takbirotulihrom telah dilaksanakan
5. Tahu perpindahan gerakan-gerakan imam, agar memungkinkan untuk mengikutinya
6. Jangan mendahului imam
7. Tidak meyaqini batalnya sholatnya imam
8. Imam dan ma'mum kumpul dalam satu tempat
9. Sesuai runtutan sholat Imam dan ma'mum dalam pekerja'an yang dlohir.
Syarat-Syarat Imam ada 16 macam
1. Tamyiz
2. Beraqal
3. Islam
4. Laki-laki : jika ma'mumnya laki-laki atau khunsa (Baga purus)
5. Mukallaf jika imam jum'at
6. Tidak wajib mengulangi sholatnya (seperti orang tayammum sebab dingin atau sebab tidak ada air pada tempat yang biasanya ada air,tidak suci dari dua hadats)
7. Tidak mencari dengan sungguh-sungguh jika butuh kepadanya dalam masalah tempat, pakaian atau qiblat maka batal sholatnya dan wajib mengulangi
8. Mengetahui kayfiyah (cara-cara sholat)
9. Tidak Lahn (cacat dalam membaca fatihah) yang bisa merubah makna fatihah
10. Tidak bisu walaupun ma'mumnya bisu
11. Tidak Ummi (Tidak bagus membaca fatihahnya) sedangkan ma'mumnya qori (Orang yang bisa fasih membaca fatihah)
12. Tidak ma'mum kepada orang lain
13. Tidak mengerjakan bid'ah yang bisa mengkufurkan
14. Tampak pekerjaan-pekerjaannya pada ma'mum, agar memungkinkan untuk diikutinya
15. Kumpul syarat-syarat sholat dengan yaqin atau dzon baik bersuci, menutupi aurot, menjauhi najis yang tidak ma'fu
16. Niat menjadi Imam pada sholat yang wajib niat menjadi Imam seprti sholat jum'at, Mua'dah, yang dijamak sebab hujan, dan sholat yang dinadzari dengan berjamaah,
Imam butuh kepada 10 Perkara sehingga menjadi sempurna sholatnya dan sholat orang yang dibelakangnya.
1. Qori dalam membaca kitab Allah tidak lahn
2. Takbirnya benar-benar mantap
3. Menyempurnakan ruku' dan sujudnya
4. Menjaga dirinya dari hal yang haram dan syubhat
5. menjaga pakaian dan badanya dari najis
6. Jangan memanjangkan bacaan kecuali mendapat ridlo ma'mumnya
7. Tidak ujub dengan dirinya
8. Tidak masuk dalam sholatnya kecuali ia telah minta ampunan kepada Allah dari semua dosa-dosanya karena ia akan menyafaati orang yang dibelakangnya
9. Jika salam, jangan mengkhususkan doa untuk dirinya maka ia khianat kepada qoum
10. Jika datang orang Asing ke masjid maka tanyalah apa yang ia butuhkan.
MAKNA SHOLAT
Sesungguhnya didalam sholat terkumpul bermacam-macam kebaikan berupa pekerjaan-pekerjaan dan dzikir-dzikir, jika seorang hamba berdiri untuk melaksanakan sholat dan berkata : الله أكبر Artinya : Allah maha besar lag maha Agung dan Allah berkata sesungguhnya hambaku tahu sesungguhnya aku lebih besar dari segala seuatu dan ia benar-benar menghadapku, ketika takbir dan mengangkat kedua tangannya sampai kedua telinganya makna mengangkat kedua tangan yaitu mensucikan dari setiap yang disembah selain Allah.
Ketka mengucapkan أعوذبالله من الشيطان الرجيم Artinya saya minta kepada-Mu Agar engkau melindungi aku dan mencegah aku dari gangguan syetan yang dilaknat lagi terkutuk. بسم الله الرحمن الرحيم Artinya : Allah yang Awwal maka tidak ada sesuatu sebelum Allah dan tidak ada sesudahnya, الرحمن yang mengasihi makhluqnya dengan rizqi, الرحيم yang berbuat baik kepada orang mukmin khusus pada hari qiyamat, kemudian membaca fatihah sampai akhir artinya Alhamdulillah yang tidak menjadikan aku dari golongan orang yang dibenci yaitu orang yahudi dan bukan orang tersesat yaitu orang nashroni tetapi Allah menjadikan aku atas jalan Nabi-Nabinya.
Ketika Ruku' : maka berfikirlah seolah-olah kamu mengatakan wahai Tuhanku sesungguhnya aku merasa hina dihadapan-Mu dan aku datang dengan jiwa yang maksiat dan diriku pasrah/tunduk karena keagungan-Mu, semoga engkau mengampuni aku dan menyayangi aku
Kemudian mengatakan : سبحان ربي العظيم وبحمده 3 Artinya : dengan merasa hina kepada Tuhan yang agung dan tuan yang maha dermawan.
Kemudian mengangkat kepalanya dari ruku' dan mengatakan سمع الله لمن حمده Artinya semoga Allah mengampuni orang yang menyatukan-Nya dan menta'atinya
Kemudian mengatakan : ربنالك الحمد ملءالسموات وملء الأرض وملءماشئت من شيء بعد bagimu segala puji
Kemudian sujud : Arti sujud cenderung dengan hina, pasrah dan tawadldlu', Artinya : Wahai Tuhanku sesungguhnya Engkau membentuk wajahku dengan bentuk yang paling bagus dan Engkau menjadikan didalamnya ada penglihatan, pendengaran, dan lisan maka ini semua disenangi olehku dan lebih bermanfaat maka saya benar-benar datang dengan kesemuannya ini dan saya meletakkannya dihadapan-Mu semoga Engkau mengasihiku.
Kemudian mengucapkan : سبحان ربي الأعلى وبحمده 3 Artinya : Maha suci Tuhanku yang maha luhur yang tidak ada sesuatu diatasnya.
Ketika duduk untuk Tasyahhud dan membaca : التحيات المباركات الصلوات الطيبات لله
Artinya : kerajaan puji dan sanjungan itu milik Allah atau kerajaan yang abadi itu milik Allah.
Kemudian السلام عليك أيها النبيArtinya : Wahai Nabi Muhammad keselamatan atasmu sebagaimana engkau menyampaikan kerosulan Tuhanmu dan Engkau menasehati Umatmu. ورحمة الله keridlohan Allah untukmu وبركاته keberkahan Atasmu dan Atas ahli baitmu, السلام عليناوعلى عباد الله الصالحين Artinya : Ampunan Allah untuk kami dan dilimpahkan atas kami dan semua orang-Orang yang telah lewat baik para Nabi, shiddiqin, dan orang yang telah menempuh jalannya sampai hari qiyamat. أشهد أن لآ إله إلا الله Artinya : tidak ada tuhan yang berhak disembah dilangit dan di bumi selain Allah. وأشهد أن محمدا رسول الله Artnya : Nabi Muhammad Saw adalah nabi pamungkas dan pilihan-Nya.
Kemudian membaca sholawat dan berdoa untuk dirimu dan orang muslim kemudian salam kekiri dan kekanan Artinya ; kamu wahai saudara-saudaraku dari golongan mukminin engkau selamat dan Aman dari kejelekan-Ku dan tipu daya-Ku jika keluar dari masjid.

ANCAMAN MENINGGALKAN SHOLAT
Dari sayidina Aly karromallahu wajhah : Saya mendengar Rosulullah Saw bersabda : Tidak ada dari seorang hamba yang meninggalkan Sholat dan ia tidak menqodoinya (membayarnya) kecuali Allah menulis di wajahnya orang ini keluar dari Rohmat Allah, Dan saya bebas darinya, dan jika seorang hamba meninggalkan satu fardu maka namanya ditulis diatas pintu neraka.
Diriwayatkan : Awal-awalnya amal yang di hisab (periksa) pada hari qiyamat adalah Sholat jika sempurna maka amal seorang hamba ditema dan semua amalnya, dan jika kurang maka ditolak dan semua amalnya.
Nabi Saw bersabda kepada para shohabat Abi Huroyroh : hai Abu Huroyroh perintahkanlah keluargamu sholat maka sesungguhnya Allah mendatangkan kepadamu rizqi yang tanpa disangka-sangka.
Atho AL-khurosani bersabda : Tidak ada dari seorang hamba yang sujud karena Allah dengan satu sujudan pada sebidangn tanah kecuali ia menjadi saksi baginya pada hari qiyamat dan ia menangis saat ia mati.
Nabi Saw Bersabda : barang siapa meninggalkan sholat dengan sengaja maka ia terbebas dari tanggungan Nabi Muhammad Saw.
Nabi Saw Bersabda : Lima Sholat yang Allah mewajibkannya kepada hamba-hambanya, barang siapa mendatanginya pada waktunya maka baginya cahaya dan dalil pada hari qiyamat, dan barang siapa menyia-nyiakannya maka digiring bersama firaun dan Haman.
Dalam Hadits yang panjang : Sesungguhnya Malaikat jibril turun kepada Nabi Muhammad Saw dan berkata : Hai Muhammad Saw Alah tidak menerima dari orang yang meninggalkan sholat baik puasanya, shodaqohnya, hajinya perbuatanya dan zakatnya.
Orang yang meninggalkan Sholat dilaknati dalam kitab taurot, Injil, zabur dan Quran.
Orang yang meninggalkan Sholat tiap hari turun kepadanya seribu laknat, dan seribu kebencian dan sesungguhnya malaikat-malaikat melaknatinya dari atas langit tujuh. Hai Muhammad Saw Orang yang meninggalkan sholat tidak mendapat bagian dari bagian-bagian Nasib baikmu, tidak mendapat syafa'atmu, dan ia tidak termasuk dari ummatmu, Hai Muhammmad Saw Orang yang tinggal sholat tidak dijenguk dalam sakitnya, tidak diiring jenazahnya, jangan diberi salam, jangan diajak makan bareng, jangan diajak minum bareng, jangan ditemani, jangan diajak ngobrol, tidak agama baginya, tidak ada amanat baginya, tidak mendapat bagian untuknya dalam rahmat Allah, dan ia bersama Orang Munafiq pada tingkatan Neraka paling bawah.
Orang yang meninggalkan Sholat dilipatkan baginya dua kali lipat siksaan dan ia datang pada hari qiyamat sedang kedua tangannya dibelenggu ke lehernya dan malaikat-malaikat memukulinya, dan dibukakan baginya pintu neraka jahannam, kemudian ia masuk dari pintunya seperti anak panah maka ia jatuh dengan atas kepalanya dihdapan qorun dan haman ditingkatan neraka paling bawah. Orang yang meninggalkan sholat jika mengangkat suapan makanan kemulutnya maka ia berkata kepadanya : Semoga Allah melaknatimu wahai musuh Allahkamu memakan rizqi Allah dan kamu tidak melaksanakan fardunya. Orang yang tidak sholat pakaian yang dipakai ingin bebas dari jasadnya dan baju berkata kepadanya : Seandainya tuhan tidak menundukkan aku untukmu maka saya akan lari darimu.
Orang yang tidak sholat jika keluar dari rumahnya, Rumah berkata kepadanya : Semoga Allah tidak menemanimu dalam perjalananmu dan tidak memberi ganti untukmu dalam kepergianmu, Dan semoga Allah tidak mengembalikanmu kekeluargamu dengan selamat, Orang yang tidak sholat dilaknati semasa hidupnya dan setelah matinya, Orang yang tidak sholat mati dalam keadaan yahudi dan dibangkitkan dalam keadaan Nashroni,
Dari Rosulullah Saw : sesungguhnya beliau bersabda kepada shohabatnya : katakanlah janganlah Engkau menjadikan kami orang yang celaka dan terhalang? Kemudian Nabi berkata : tahukah kamu siapakah orang yang celaka dan terhalang? Shoahabat menjawab : Siapa ia wahai Rosulullah? Nabi menjawab Orang yang meninggalkan Sholat,
Dalam Hadits Isro ketika Nabi Saw datang atas qoum yang memukuli kepalanya dengan batu ketika kepala hancur maka ia memukulinya kembali kejadian itu terus berulang-ulang, Nabi Muhammad Saw bersabda: Wahai Malaikat Jibril Siapakah Orang itu? Malaikat Jibril menjawab yaitu Orang-Orang yang memberatkan kepalanya dari melakukan Sholat. Dari Nabi Saw sesungguhnya beliau berabda : barang siapa menjaga Sholat lima waktu maka Allah memulyakannya dengan 5 perkara : Allah mengangkat darinya kesempitan Rizqi, siksa qubur, Allah memberi kitab amal dengan tangan kanannya, berjalan di sirotolmustaqim seperti kilat yangn menyambar, dan masuk surga tanpa hisab. Dan barang siapa meremehkan sholat maka Allah menyiksanya dengan 15 siksaan : Enam siksaan di dunia tiga ketika mati, tiga ketika masuk dalam qubur, tiga ketika bertemu Tuhannya (pada hari qiyamat). Adapun Enam siksaan di dunia adalah : 1. dihilangkan berkah Umurnya, 2. dihapus ciri-ciri sholeh dari wajahnya, 3. Setiap amal yang ia kerjakan tidak mendapat pahala, 4. doanya tidak diangkat kelangit, 5. tidak mendapat bagian dari do'anya orang sholeh, 6. keluar rohnya tanpa membawa Iman. Adapun siksaan yang menimpanya ketika mati adalah : 1. mati dalam keadaan hina, 2. mati dalam keadaan lapar, 3. mati dalam keadaan haus walaupun ia diberi minum semua laut dunia maka ia tidak akan segar. Adapun siksaan yang menimpanya ketika dalam qubur adalah : 1. Allah menyempitkan quburannya sehingga tulang-tulangnya patah bersilang, 2. di dalam quburnya ia tidur di atas bara siang malam, 3. Allah menguasakan atas dirinya didalam quburnya sebuah Ular besar bernama Syuja' al- Aqro' yang memukulinya atas menyia-nyiakan sholatnya, dan dihabiskan siksaannya dengan qadar waktu sholat.
Adapun siksaan yang menimpanya ketika bertemu Tuhannya adalah : 1. ketika langit terbelah maka datang malaikat dan ditangannya ada rantai yang panjangnya ada 70 diro' digantungkan diatas lehernya kemudian memasukkannya kedalam mulutnya dan mengeluarkannya dari duburnya dan ia memanggil-manggil : Inilah balasan Orang yang menyia-nyiakan Fardu-Fardu Allah, Shohabat Ibnu Abbas Ra. bersabda : jika satu mata rantai jatuh ke bumi maka ia akan membakarnya, 2. Allah tidak melihat kepadanya, 3. Allah tidak membersihkannya dan baginya siksaan yang berat.
Diriwayatkan Sesungguhnya Awal sesuatu yang menjadi hitam pada hari qiyamat adalah : Wajah Orang-Orang yang meninggalkan Sholat, Dan sesungguhnya didalam Neraka jahannam ada jurang yang disebut Lamlam didalamnya terdapat ular-ular sebesar leher unta panjangnya perjalanan kuda satu bulan ia menyengat Orang yang meninggalkan Sholat maka racunnya mendidih pada jasadnya selama 70 tahun kemudian menjadi Usang jasadnya.
Dari Nabi Saw bersabda : Sholat adalah tiang agama barang siapa menegakkannya maka tegaklah agamanya barang siapa meninggalkannya maka robohlah agamanya. Dari Nabi Saw sesungguhnya beliau bersabda : sesungguhnya kejelekan Orang yanng meninggalkan Sholat itu menjalar sampai ke 70 orang dari ahli keluarganya dan tetangganya bahkan sampai dari mulai hari sekarang sampai ke zaman Nabi Adam As. Dan itu sesungguhnya Orang yang sholat jika duduk dalam tasyahhud dan berkata السلام علينا وعلى عبادالله الصالحين maka sampailah pahalanya kepada roh-roh Orang Mu'min mulai hari sekarang sampai zaman Nabi Adam AS. Sedang Orang yang meninggalkan Sholat maka terhalang dari kebaikan itu sebagaimana Orang yang mendapat kejelekannya semua Oran Muslim.


Hikayat-Hikayat Orang yang meninggalkan Sholat
Diceritakan sesungguhnya Nabi Isa As pada suatu hari pergi dan melihat segolongan qoum yang sedang beribadah kepada Allah dengan bersungguh-sungguh dan mereka berkumpul pada tempat yang tinggi kemudian Nabi Isa memberi Salam kepada Mereka dan duduk bersama mereka maka Nabi Isa melihat banyak sekali makanan dan minuman yang murni serta buah-buahan yang bermacam-macam dihadapannya juga melihat anak-anak dan isteri-isteri mereka bagus-baguskemudian Nabi Isa melihat desanya dihiasi dengan hiasan yang sangat indah sehingga tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, terus Nabi Isa pergi dari desa itu kemudian setelah masa yang lama Nabi Isa mampir lagi kedesa itu dan melihat semuanny telah rusak serta keluarganya dan isteri-Isterinya dan desanya telah rusak maka Nabi Isa merasa heran dari keadaan mereka, lantas Nabi Isa munajat kepada Allah : Wahai Tuhan dengan sebab apa mereka dirusak Apakah mereka meninggalkan Sholat dan meninggalkan Ta'at? Allah menjawab tidak! Tapi telah lewat kepada mereka Orang yang meninggalkan sholat dan ia membasuh mukanya dengan air mereka maka air basuhannya jatuh atas bumi mereka dan rumah-Rumah mereka maka sebab itu mereka dirusak.
Diriwayatkan Ssungguhnya pada suatu hari Nabi Saw : duduk bersama Shohabat-Shohabatnya kemudian datanglah seorang pemuda dari Arab ke pintu masjid sambil menangis terus nabi bertanya : Apa yang kamu tangisi wahai pemuda? Lantas ia menjawab Wahai Rosululloh Ayahku mati dan tidak ada yangn mau mengkafani dan memandikan.kemudian Nabi memerintahkan Shohabat Abu bakar dan Shohabat Umar Ra. Lantas keduanya pergi menuju mayit maka keduanya melihat mayit seperti babi yang hitam kemudian keduanya kembali kepada Nabi Saw dan keduanya berkata : Wahai Rosulullah kami tidak melihatnya kecuali seperti babi yang hitam, kemudian Nabi bangun menuju jenazah dan berdo'a maka mayit menjadi seperti bentuk semula kemudian Nabi mensholati dan ketika mereka akan menguburnya mereka melihat mayit seperti babi hitam kemudian Nabi Saw bertanya : hai pemuda Apa saja yang dikerjakan bapakmu di Dunia? Pemuda menjawab : ia meninggalkan Sholat, maka Nabi Saw bersabda : Wahai Shohabat-Shoabatku lihatlah kamu sekalian keadaan orang yang meninggalkan sholat, Allah akan membangkitkannya pada hari qiyamat seperti babi hitam. Kami minta perlindungan dari Allah dari itu Amin. (Dorrotunnasihin hal : 139)

Daftar Isi

Adab makan hal : 1
Adab masuk kamar mandi hal : 6
Adab Qodilhajat hal : 6
Adab wudlu hal : 9
Disunnahkan berwudlu hal : 11
Hikmah wudlu hal : 11
Adab Mandi hal : 12
Mandi-Mandi yang disunnahkan hal : 12
Niat mandi Sunnah hal : 13
Hikayat Mandi hal : 16
Adab Tayammum hal : 16
Adab masuk masjid hal : 17
Lafadz Adzan hal : 18
Syarat Adzan dan Iqomah hal : 20
Adab tidur hal : 21
Adab Sholat hal : 24
Adab dan Syarat bagi Ma'mum dan Imam hal : 29
Makna Sholat hal : 31
Ancaman Orang yang tidak sholat hal : 33
Hikayat Orang meninggalkan sholat hal : 36




Daftar pustaka
1. Bidayatulhidayah. Imam Ghozali. Maktabah daru Ihya al-kutub al-Arobiyyah. Indonesia.
2. Nihayatuzzain. Syech Nawawi banten. Maktabah daru Ihya al-kutub al-Arobiyyah Indonesia.
3. Muroqi Al-Ubudiyyah. Syech Nawawi banten. Maktabah daru Ihya al-kutub al-Arobiyyah Indonesia.
4. I'anatu al-Tholibin. Syech bin Muhammad Abi bakar Syatho. Syirkah Annur Asia.
5. Fathulmu'in. Syekh Zainuddin Al-malibari. Syirkah Annur asia.
6. Irsyadul'Ibad. Syekh Zainuddin Al-malibari. Maktabah daru Ihya al-kutub al-Arobiyyah Indonesia.
7. Tausyekh. Syekh Nawawi Banten. Toko kitab Al-Hidayah Surabaya.
8. FathulQorib. Syekh Abi Abdillah Muhammad bin Qosim Assyafi'i. Toko kitab Al-Hidayah Surabaya.
9. Tanbihulghofilin. Abullaits Nashr bin Muhammad bin Ibrohim Assamarqondi. Maktabah daru Ihya al-kutub al-Arobiyyah Indonesia.
10. Bustanul'Arifin. Abullaits Nashr bin Muhammad bin Ibrohim Assamarqondi. Maktabah daru Ihya al-kutub al-Arobiyyah Indonesia.
11. Marqotu su'udattashdiq. Syekh Nawawi banten. Syirkah Annur Asia.
12. Tashil Al-Manafi'. Syekh al-Imam al-alim al-amil Al-'allamah ibrohim bin Abdurrokhman bin Abi bakar Al-Azroq. Al-Maktabah Assa'biyah.berut-Libanon.
13. Durrotun Nashihin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar